Capaian Pembelajaran Lulusan |
Sumber |
|
Kode |
A. Aspek Sikap |
|
S1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
Lampiran Permendikbud No. 3 Tahun 2020 Standar Nasional Pendidikan Tinggi |
S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; |
|
S3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
S4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; |
|
S5 |
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|
S6 |
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
|
S7 |
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
S8 |
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
S9 |
menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
|
S10 |
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
|
Kode |
A. Aspek Keterampilan Umum |
|
KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
Lampiran Permendikbud No. 3 Tahun 2020 Standar Nasional Pendidikan Tinggi |
KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
|
KU3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperlihatkan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
|
KU4 |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam perguruan tinggi. |
|
KU5 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
|
KU6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
|
KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. |
|
KU8 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
|
KU9 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
|
Kode |
B. Aspek Keterampilan Khusus |
|
KK1 |
Mampu mengaplikasikan konsep teoritis tentang kompetensi dasar kependidikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Pendidik Matematika) |
Rekomendasi CPL I-Mes |
KK2 |
Mampu mengaplikasikan konsep teoritis dengan memanfaatkan IPTEKS tentang keilmuan matematika yang diperlukan dalam meningkatkan kemampuan intelektual untuk berpikir mandiri dan kritis. (Pendidik Matematika) |
|
KK3 |
Mampu mengaplikasikan konsep teoritis serta mampu mendesain pembelajaran matematika berbasis konstruktivis yang diperlukan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang inovatif. (Pendidik Matematika) |
|
KK4 |
Mampu mengaplikasikan konsep teoritis untuk pengiatan kompetensi lanjutan yang diperlukan untuk melanjutkan studi atau keahlian tambahan. (Pendidik Matematika) |
|
KK5 |
Mampu mengaplikasikan konsep teoritis serta mendesain penelitian dan publikasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari (Peneliti) |
|
KK6 |
Mampu mengaplikasikan konsep teoritis tentang pengembangan jiwa kewirausahaan untuk menyelesaikan masalah baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari (Edupreneur) |
|
Kode |
C. Aspek Pengetahuan |
|
P1 |
Menguasai konsep teoritis tentang kompetensi dasar kependidikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Pendidik Matematika) |
Rekomendasi CPL I-Mes |
P2 |
Menguasai konsep teoritis dengan memanfaatkan IPTEKS tentang keilmuan matematika yang diperlukan dalam meningkatkan kemampuan intelektual untuk berpikir mandiri dan kritis. (Pendidik Matematika) |
|
P3 |
Menguasai konsep teoritis serta mampu mendesain pembelajaran matematika berbasis konstruktivis yang diperlukan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang inovatif. (Pendidik Matematika) |
|
P4 |
Menguasai konsep teoritis untuk pengiatan kompetensi lanjutan yang diperlukan untuk melanjutkan studi atau keahlian tambahan. (Pendidik Matematika) |
|
P5 |
Menguasai konsep teoritis serta mendesain penelitian dan publikasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari (Peneliti) |
|
P6 |
Menguasai konsep teoritis tentang pengembangan jiwa kewirausahaan untuk menyelesaikan masalah baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari (Edupreneur) |
|
P7 |
Menguasai konsep teoritis tentang karakter dan keterampilan untuk berpikir secara mandiri dan kritis yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari |